Tuesday, January 19, 2016

Memilih dan Mengetahui Manfaat Kecap

Memilih dan Mengetahui Manfaat Kecap
Pilih dan dapatkan manfaat kecap dari kecap berkualitas. Namun, Anda tidak bisa sembarangan memilihnya. Ada tips aman yang harus Anda perhatikan agar kecap yang Anda beli bisa memberikan manfaatnya.
Kecap yang aman adalah kecap dengan kepekatan warna yang begitu hitam. Saat dicolek, Anda akan merasakan kecap yang halus dan lengket di tangan. Sedangkan kecap dengan tingkat kepekatannyang rendah dengan warna hitam kecoklatan perlu Anda waspadai. Saat mencoleknya, Anda pun akan merasakan tekstur butiran kasar pada cairan kecapnya. Wajar jika hargakecap online yang sudah ternama memiliki harga yang mahal. Biasanya jaminan dalam hal kepekatan dan warna tersebut tidak perlu diragukan lagi.
Kecap yang ada di jual kecap online juga tidak perlu Anda ragukan keamanannya jika aroma yang dimilikinya khas seperti aroma kacang kedelai. Jika aromanya seperti aroma gula, bisa dipastikan kualitas kecap jelek. Aroma yang khas ini juga bisa Anda rasakan langsung ketika menikmatinya. Kecap kedelai asli rasa manisnya didapatkan dari kedelai sedangkan yang kualitasnya jelek menggunakan gula dengan rasa yang terlalu manis. JAdi, Anda bisa membeli kecap secara online dengan brand-brand yang sudah terkenal, seperti kecap abc, kecap bango, dan kecap sedaap.
Untuk memastikan keamanannya, Anda juga wajib mengecek tanggal kadaluarsa berikut izin edar produk atau merk kecap tersebut dari BPOM. Beli kecap yang sudah teruji dengan kemasan meyakinkan. Jangan kecap dalam kemasan yang labelnya ditempel begitu saja. Resiko produk palsu atau kualitas produk yang meragukan dari label yang asal-asalan sangat tinggi.
Anda dapat membeli dan mengambil manfaat kecap dari tiga jenis rasa, kecap asin, sedang, dan manis. Rasa kedelai yang di fermentasi dalam kecap mampu memanjakan lidah baik itu untuk langsung Anda jadikan cocolan maupun sebagai campuran bumbu masak. Manfaat kecap
asin yaitu memberikan rasa yang asin yang gurih. Gunakan rasa tersebut sebagai pengganti rasa asin dan gurih dari garam maupun penyedap rasa. Rasa asin alami ini kemudian ditambah dengan gula arena tau gula kelapa untuk jenis kecap manis. Kecap yang bisa memberikan rasa lezat pada masakan dan menjadi pengganti gula. Jika Anda tidak terlalu menyukai kecap asin atau manis, bisa memilih kecap dengan rasa sedang. Pada rasa sedang tersebut, kedua rasa bisa Anda nikmati secara seimbang.
Walaupun manfaat kecap tersebut bagi masakan hampir sama, namun secara harga tetap ditentukan oleh kualitas dari merk dan cara pengemasannya. Kemasan kecap dalam botol akan lebih mahal dibanding kecap dalam kemasan plastik. Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan, baik untuk disimpan di dapur atau sebagai bekal bepergian. Pilih yang besar untuk persedian dan pilih yang kecil untuk kemasan praktis.
Manfaatkecap memang tidak bisa lepas dari bahan bakunya yaitu kacang kedelai. Dalam bahan bakunya tersebut terkandung banyak nutrisi bagi tubuh kita. Mulai dari protein, zat besi, hingga vitamin A. Kandungan nutrisi yang tidak hilang meskipun dalam proses pembuatannya membutuhkan waktu fermentasi hingga 4 bulan. Proses fermentas ini akan menghasilkan kecap dengan aroma dan rasa yang khas. Untuk mempertahankan manfaat kecap dengan semua kandungan penting dalam kecap tersebut, untuk kecap berkualitas akan memperhatikan kemurnian kecap tersebut dalam proses produksinya.

No comments:

Post a Comment